SALURAN PEMASARAN PETANI UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KAMPUNG MLASMILI, DISTRIK KLAMONO KABUPATEN SORONG
DOI:
https://doi.org/10.56942/seres.v1i2.78Keywords:
Petani, Ubi Kayu, Saluran pemasaran.Marjin PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran petani ubi kayu di Kampung Mlasmili Distrik Klamono Kabupaten Sorong. Adapun penelitian ini menggunakan Metode analisa finansial. Dengan sampel petani sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua saluran pemasaran di Kampung Mlasmili Distrik Klamono Kabupaten Sorong, yaitu dijual langsung ke Konsumen pasar Klamono dan di jual kepada pedagang pengecer dan kepada konsumen di pasar central Remu Sorong. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah : Saluran Pemasaran Ubi kayu di Kampung Mlasmily, Distrik Klamono Kabupaten Sorong memiliki 2 pola saluran pemasaran. Yaitu dari Produsen/Petani langsung ke Konsumen, dan Saluran pemasaran II yaitu dari Produsen/Petani ke Pengecer kemudian terakhir di tangan Konsumen. Dimana Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran I dengan nilai efesiensi sebesar 5,2%. konsumen mendapatkan produk Ubi Kayu dengan harga yang terjangkau