SALURAN PEMASARAN PETANI UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KAMPUNG MLASMILI, DISTRIK KLAMONO KABUPATEN SORONG

Authors

  • Ema Edtha Rumbino Universitas Kristen Papua
  • Ivonne Leiwakabessy
  • Frederik Pairunan Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/seres.v1i2.78

Keywords:

Petani, Ubi Kayu, Saluran pemasaran.Marjin Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran petani ubi kayu di Kampung Mlasmili Distrik Klamono Kabupaten Sorong.  Adapun penelitian ini menggunakan Metode analisa finansial. Dengan sampel petani sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua saluran pemasaran di Kampung Mlasmili Distrik Klamono Kabupaten Sorong, yaitu dijual langsung ke Konsumen pasar Klamono dan di jual kepada pedagang pengecer dan kepada konsumen di pasar central Remu Sorong. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah : Saluran Pemasaran Ubi kayu di Kampung Mlasmily, Distrik Klamono Kabupaten Sorong memiliki 2 pola saluran pemasaran. Yaitu dari Produsen/Petani langsung ke Konsumen, dan Saluran pemasaran II yaitu dari Produsen/Petani ke Pengecer kemudian terakhir di tangan Konsumen. Dimana Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran I dengan nilai efesiensi sebesar 5,2%. konsumen mendapatkan produk Ubi Kayu dengan harga yang terjangkau

Author Biography

Ivonne Leiwakabessy

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Rumbino, E. E., Leiwakabessy, I., & Pairunan, F. (2022). SALURAN PEMASARAN PETANI UBI KAYU (Manihot esculenta) DI KAMPUNG MLASMILI, DISTRIK KLAMONO KABUPATEN SORONG. SERES, 1(2), 57–71. https://doi.org/10.56942/seres.v1i2.78

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)