PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA PT. ASTRA MOTOR SORONG

THE EFFECT OF MARKETING STRATEGY ON HONDA MOTORCYCLE SALES VOLUME AT PT. ASTRA MOTOR SORONG

Penulis

  • Elthon John Sopacua Universitas Kristen Papua
  • Lili Sarce Joy Sapari Universitas Kristen Papua
  • Yanti Timisela Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/jme.v3i1.130

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Strategi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda Pada PT. Astra Motor Sorong 1 Di Kota Sorong. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. pengujian signifikan melalui (uji-t), menggunakan regresi linier sederhana dan koefisien determinansi (r2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli. Semua populasi dilibatkan untuk menjadi sampel berjumlah 94 responden. Data primer diperoleh melalui wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi.

Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach Alpha dari tiap-tiap konstruk lebih besar dari 0,60 yang berarti bahwa kuesioner yang merupakan indikator-indikator dari variabel tersebut adalah reabel atau handal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian dimana lingkungan kerja memiliki nilai Alpha Cronbach sebesar 0,801 dan kinerja pegawai memiliki nilai Alpha Cronbach sebesarĀ  0,791. Hasil penelitian yang menganalisa pengaruh variabel strategi terhadap volume penjualan motor Honda pada PT. Astra Motor Sorong 1 di Kota Sorong. Hasil ini menjelaskan bahwa hipotesis yang di ajuhkan, Ha diterima dan Ho ditolak dimana pada taraf signifikan 5 persen thitung 7.008 lebih besar dari ttabel 1.6747. Dari hasil perhitungan diperoleh regresi linear sederhana dimana Y= 18.998 + 1.343X, dimana konstanta 18.998, jika variabel strategi di anggap konstan maka nilai variabel volume penjualan tidak dipengaruhi oleh variabel strategi. Koefisien 1.343 menyatakan bahwa setiap terjadi kenaikan pada variabel strategi sebesar satu persen maka akan menyebabkan variabel volume penjalan motor Honda akan meningkat sebesar 1.343

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, koefisien determinasi total menunjukkan nilai sebesar 48,6 persen. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa terdapat hubungan sangat rendah dimana48,7%. perubahan dari variabel dependen yang dalam hal ini adalah volume Penjualan motor honda dipengaruhi strategi. Sedangkan sisanya sebesar 51,4 persen dijelaskan oleh error term dan variabel-variabel lain yang juga turut mempengaruhi volume penjualan motor honda

Diterbitkan

2023-08-04