PERANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMP YPPK MORIA KOTA SORONG
THE ROLE OF TEACHERS IN SHADING STUDENT BEHAVIOR IN SMP YPPK MORIA SORONG CITY
DOI:
https://doi.org/10.56942/ejit.v5i1.113Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang menyebabkan semakin terjadinya perilaku siswa yang kurang baik, yang dapat mempengaruhi prestasi belajarnya dan juga mengetahui sejauh mana peran guru dalam dalam melaksanakan tugas pembinaan/pembentukan perilaku siswa di lingkungan sekolah seiring dengan lajunya perkembangan zaman ini, serta memberikan pemahaman teoritis secara sistematis tentang peranan guru dalam pembentukan perilaku siswa secara baik dan teruji yang berpengaruh positif bagi prestasi siswa sebagai anak-anak bangsa di masa mendatang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner/angket dan studi pustaka, disertaai sistem analisa data berupa skala pengukuran (Skala Likert) dengan item-item pertanyaan dan analisa secara presentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah semakin terujinnya pemahaman dan tindakkan guru tentang peranannya dalam pembentukan perilaku siswa di lingkungan sekolah, dan juga semakin baiknya tingkat pemahaman siswa tentang perilaku yang baik sesuai dengan norma agama dan norma umum yang berlaku, dan siswa dapat tunjukan perilakunya sesuai dengan norma tersebut, yang merupakan mutu siswa sebagai anak bangsa di masa mendatang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ricky Montang; Tabita Dorkas Rumbarar, Thomson Framonty Elias

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and License
Copyright
Tentang hak cipta, penulis menyetujui persyaratan sebagai berikut:
- Hak Penulis: Penulis mempertahankan hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel. Penulis juga diizinkan untuk menggunakan kembali substansi artikel di situs web pribadi, repositori institusi, atau tujuan lain seperti penelitian lebih lanjut, kuliah, buku, atau diskusi kelas dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Jaminan dari Penulis: Penulis menjamin bahwa artikel adalah asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang diberikan secara eksklusif pada penulis dan bebas dari hak pihak ketiga, dan bahwa penulis telah memperoleh izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain.
- Lisensi Penerbitan dan Pengarsipan: Penulis memberikan Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan hak publikasi dan distribusi pertama dalam edisi elektronik dan cetak artikel secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC- SA 4.0). Jika naskah diterima untuk diterbitkan, penulis harus mengisi, menandatangani dan mengirimkan kembali Deklarasi dan Jangka Waktu Hak Cipta. Penulis juga setuju untuk memberikan Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan hak untuk membuat dan menyimpan salinan arsip elektronik dari artikel tersebut.
License
Semua karya dalam jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk:
- Bagikan: salin dan distribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun
- Adaptasi: remix, ubah, dan buat materi
Di bawah ketentuan berikut:
- Atribusi: Anda harus memberikan kredit yang sesuai (yaitu, kutipan yang tepat dari publikasi awal dalam jurnal ini), memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- NonKomersial: Anda tidak boleh menggunakan materi untuk tujuan komersial.
- ShareAlike: Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.