PERANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMP YPPK MORIA KOTA SORONG

THE ROLE OF TEACHERS IN SHADING STUDENT BEHAVIOR IN SMP YPPK MORIA SORONG CITY

Authors

  • Tabita Dorkas Rumbarar Universitas Kristen Papua
  • Thomson Framonty Elias Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/ejit.v5i1.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang menyebabkan semakin terjadinya perilaku siswa yang kurang baik, yang dapat mempengaruhi prestasi belajarnya dan juga mengetahui sejauh mana peran guru dalam dalam melaksanakan  tugas  pembinaan/pembentukan   perilaku  siswa   di  lingkungan sekolah seiring dengan lajunya perkembangan zaman ini, serta memberikan pemahaman teoritis secara sistematis tentang peranan guru dalam pembentukan perilaku siswa secara baik dan teruji yang berpengaruh positif bagi prestasi siswa sebagai anak-anak bangsa di masa mendatang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner/angket dan studi pustaka, disertaai sistem analisa data berupa skala pengukuran (Skala Likert) dengan item-item pertanyaan dan analisa secara presentasi.

Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  semakin  terujinnya  pemahaman  dan tindakkan guru tentang peranannya dalam pembentukan perilaku siswa di lingkungan sekolah, dan juga semakin baiknya tingkat pemahaman siswa tentang perilaku yang baik sesuai dengan norma agama dan norma umum yang berlaku, dan siswa dapat tunjukan perilakunya sesuai dengan norma tersebut, yang merupakan mutu siswa sebagai anak bangsa di masa mendatang.

Downloads

Published

31-07-2020

How to Cite

Rumbarar, T. D. ., & Elias, T. F. (2020). PERANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SMP YPPK MORIA KOTA SORONG: THE ROLE OF TEACHERS IN SHADING STUDENT BEHAVIOR IN SMP YPPK MORIA SORONG CITY. EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi, 5(1), 079–095. https://doi.org/10.56942/ejit.v5i1.113