PENDIDIKAN KRISTEN YANG TRANSFORMATIF

Authors

  • Kurniasih Kurniasih Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/ejit.v1i2.21

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Demikian juga dalam membangun sumber daya gereja yang handal dan berkualitas maka diperlukan Pendidikan Agama Kristen yang berkualitas dan transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a. Kecenderungan pendidikan agama Kristen yang transfornatif. b. Indikator yang dominan mempengaruhi kecenderungan pendidikan agama Kristen yang transfornatif. c. Kategori latar belakang yang dominan mempengaruhi kecenderungan pendidikan agama Kristen yang transfornatif. Metode penelitian dengan survei eksplanatori dan konfirmatori. Dalam penelitian ini, metode eksplanatatori dikonstruksikan ke dalam endogenous dan exogenous variable. Fungsi endogenous variable adalah sebagai dependent variable. Sedang fungsi exogenous variables sebagai independent variables. Exogenous variables dalam penelitian ini ditemukan melalui bangunan teori (construct) dari kajian teoritis. Sedang metode konfirmatori dikonstruksikan ke dalam moderator variables yaitu berupa isian latar belakang responden atau unit analisis.                Hasil penelitian: (1) Kecenderungan pendidikan agama Kristen yang transfornatif (Y) dalam kehidupan para  guru se Kota Sorong  pada kategori kadang-kadang; (2) Memiliki Tujuan Pengajaran (X1) adalah indikator yang dominan mempengaruhi Pendidikan Kristen yang Transformatif (Y); dan (3) Latar Belakang Umur Guru (X8) merupakan kategori latar belakang yang dominan membentuk Pendidikan Kristen yang Transformatif (Y).

Downloads

Published

12-08-2022

How to Cite

Kurniasih, K. (2022). PENDIDIKAN KRISTEN YANG TRANSFORMATIF. EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi, 1(2). https://doi.org/10.56942/ejit.v1i2.21