PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS GURU DI KOTA SORONG

Authors

  • Lili Sarce Joy Sapari Universitas Kristen Papua
  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/js.v1i3.157

Abstract

Model pembelajaran project based learning merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada guru(student centered) dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana guru diberi peluang bekerja secara otonom mengkonstruksi belajarnya. Teknik Pengumpulan Data Observasi adalah proses mengamati situasi dan kondisi. Pengabdian ini meminta bantuan dari observer dalam pengumpulan datanya. Selain itu pengumpulan informasi melalui kegiatan wawancara juga dapat dilakukan melalui telepon maupun secara langsung. Hasil yang diperoleh yakni peningkatan keaktifan guru. Kemudian setelah peneliti melakukan pengkajian terhadap pengabdian terdahulu yang relevan dengan pengabdian yang dilakukan. Maka diperoleh hasil bahwa model pembelajaran project based learning mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan keaktifan guru dalam pembelajaran. Pengabdian ini juga sangat mendukung guru untuk memahami lebih dalam lagi perihal materi yang disampaikan. Keaktifan guru juga dapat mempengaruhi hasil belajar pada akhirnya. Sehingga proses pembelajaran yang terjadi tidak akan monoton dan membosankan, guru pun lebih mudah memami dengan mudah materi yang akan dipelajari dengan berbagai kegiatan yang diterapkan oleh model project based learning.

Downloads

Published

30-09-2023

How to Cite

Sapari, L. S. J., & Watak, S. R. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS GURU DI KOTA SORONG. SOLIDEO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 137–144. https://doi.org/10.56942/js.v1i3.157

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)