IMPLEMENTASI TEOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMA YPK 2 MARANATHA KOTA SORONG

Authors

  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/js.v3i2.327

Keywords:

karakter, pendidikan agama kristen, siswa, Degradasi Moral

Abstract

Latar belakang utama dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya keprihatinan yang mendalam terhadap fenomena kemerosotan moral dan karakter bangsa. Berbagai persoalan sosial seperti korupsi, kekerasan, dan gaya hidup konsumtif menandakan bahwa pendidikan yang hanya berorientasi pada aspek kognitif tidaklah memadai. Sebagai respons, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pembinaan karakter yang berakar pada Teologi Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi siswa-siswi di SMA YPK 2 Maranatha Kota Sorong. Tujuan fundamental dari kegiatan ini adalah menawarkan solusi berbasis iman, yaitu memperlengkapi generasi muda dengan pengenalan akan Kristus, yang dipandang sebagai dasar utama pembentukan moralitas yang luhur dan sikap takut akan Tuhan. Metode kegiatan yang digunakan bersifat partisipatif, mencakup presentasi materi, diskusi interaktif, dan pendampingan oleh tim dosen serta mahasiswa dari Universitas Kristen Papua. Hasil pengabdian menunjukkan sambutan positif dan peningkatan kesadaran siswa terhadap urgensi mengintegrasikan iman dalam perilaku sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah sebagai luaran.

Downloads

Published

15-07-2025

How to Cite

Watak, S. R. (2025). IMPLEMENTASI TEOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMA YPK 2 MARANATHA KOTA SORONG. SOLIDEO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 108–112. https://doi.org/10.56942/js.v3i2.327

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)