IMPLEMENTASI TEOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SMA YPK 2 MARANATHA KOTA SORONG
DOI:
https://doi.org/10.56942/js.v3i2.327Keywords:
karakter, pendidikan agama kristen, siswa, Degradasi MoralAbstract
Latar belakang utama dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya keprihatinan yang mendalam terhadap fenomena kemerosotan moral dan karakter bangsa. Berbagai persoalan sosial seperti korupsi, kekerasan, dan gaya hidup konsumtif menandakan bahwa pendidikan yang hanya berorientasi pada aspek kognitif tidaklah memadai. Sebagai respons, kegiatan ini dirancang untuk memberikan pembinaan karakter yang berakar pada Teologi Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi siswa-siswi di SMA YPK 2 Maranatha Kota Sorong. Tujuan fundamental dari kegiatan ini adalah menawarkan solusi berbasis iman, yaitu memperlengkapi generasi muda dengan pengenalan akan Kristus, yang dipandang sebagai dasar utama pembentukan moralitas yang luhur dan sikap takut akan Tuhan. Metode kegiatan yang digunakan bersifat partisipatif, mencakup presentasi materi, diskusi interaktif, dan pendampingan oleh tim dosen serta mahasiswa dari Universitas Kristen Papua. Hasil pengabdian menunjukkan sambutan positif dan peningkatan kesadaran siswa terhadap urgensi mengintegrasikan iman dalam perilaku sehari-hari. Kegiatan ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah sebagai luaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Skivo Reiner Watak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.