PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI ANAK BERMASALAH

Authors

  • Yomima Okalina Masreng Universitas Kristen Papua
  • Alexanderina Paulina Iwanggin Universitas Kristen Papua
  • Jean Anthoni Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.183

Abstract

Dalam Rangka meningkatkan kualitas karakter anak yang baik dalam bidang pendidikan, maka masalah yang harus dapat diperhatikan adalah karakter siswa. Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda baik itu sikap, perilaku, tuturkata, tindakan dan lain sebagainya dalam menghadapi suatu situasi yang baru. SMA Papua kota sorong masih membutuhkan peran Guru Agama untuk membentuk karakter Anak disekolah sebab kenyataannya karakter anak disekolah belum sesuai dengan harapan yang baik. Kurangnya Peran guru dapat mempengaruhi proses pembentukan karakter anak yang baik disekolah. Dalam menilitian ini metode yang dipakai kualitatif yang dimana metode ini adalah penelitian peneliti meneliti secara langsung ke lapangan dalam hal ini mencari data atau informasi. Populasi dalam dari penelitian ini adalah 62 orang Sehingga penulis akan mengambil sampel dari beberapa jumlah yang ada untuk melakukan sesi wawancara, jumlah sampel adalah  21 orang yang terdiri dari 11 siswa dari kelas IPA/IPS dan 10 tenaga pengajar/guru . Hasil yang ditemukan oleh penulis pada tempat penelitian yaitu di sekolah SMA Papua kota sorong membutuhkan peran Guru terkhususnya juga Guru PAK dalam mengatasi masalah yang terjadi pada Anak-anak yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

Downloads

Published

24-04-2024

How to Cite

Masreng, Y. O. ., Iwanggin, A. P. ., & Anthoni, J. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI ANAK BERMASALAH. NERIA, 2(1), 145–167. https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.183