PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.185Abstract
Kenakalan siswa merupakan salah satu hal yang menyimpang karena ada hal-hal negatif yang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal dan dari dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru PAK sebagai pembimbing bagi siswa/siswi di sekolah dan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi perilaku siswa di Sekolah Menengah Pertama YPK 1 Imanuel Jitmau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru PAK dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP YPK Imanuel sudah maksimal. Ada guru PAK yang mengatakan bahwa bimbingan yang guru PAK lakukan membawa dampak positif. Adapun peran yang dilakukan guru PAK untuk mengatasi masalah kenakalan siswa yaitu dengan diberlakukannya sanksi terhadap siswa yang melakukan pelanggaran. Sehingga diharapkan tidak terjadi pelanggaran selanjutnya dan menimbulkan efek jera terhadap siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa di SMP YPK 1 Imanuel Jitmau adalah faktor keluarga yaitu kurang perhatiannya orang tua terhadap anaknya, kurang kasih sayang, kurang memberikan pendidikan agama yang baik, kurang memberi contoh teladan seperti budi pekerti, disiplin serta tanggung jawab, faktor lingkungan sekolah yaitu perlakuan guru yang tidak adil, hukuman yang kurang menunjang tercapainya tujuan pendidikan, ancaman dan penerapan disiplin terlalu ketat, kurang harmonis hubungan siswa dan guru, serta kurangnya kesibukan belajar di rumah, yang terakhir faktor lingkungan masyarakat yaitu persaingan dalam ekonomi, pengangguran, sosial media dan fasilitas rekreasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ojsukipacid ojsukipacid; Yuliana Iek, Korneles Viktor Ohoiwutun, Jean Anthoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.