PERAN GURU PAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK REMAJA DI SMP NEGERI 8 KOTA SORONG

Authors

  • Sance E Burdam Universitas Kristen Papua
  • Skivo Reiner Watak
  • Sermia Liling

DOI:

https://doi.org/10.56942/p124aq98

Keywords:

Literasi Digital, Anak Remaja, Peran, Guru

Abstract

Pada era Tekologi Digital ini membuat banyak anak-anak remaja bahkan kalangan orang dewasa kecanduan dengan gadget yang menyediakan tawaran menarik seperti games, film dan lain-lain sehingga membuat anak remaja Kristen lupa dengan kewajiban sebagai pelajar Mereka malas sekolah, malas belajar bahkan beribadah. Karena lebih mementingkan dunia maya. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab para guru-guru terlebih khusus guru PAK dan orang tua. Terdapat beberapa anak-anak remaja di SMP Negeri 8 Kota Sorong yang sudah kecanduan dengan gadget yang mereka gunakan, perubahan Teknologi Digital ini membawah dampak positif tetapi juga dampak negatif jika guru dan orang tua tidak memperhatikan dan memberikan pemahaman tentang Lieterasi Digital terhadap anak remaja maka pergaulan dan masa depan akan hancur secara perlahan.

Metode penulisan ini menggunakan metode kualitatif yang di mana penulis langsung melakukan penelitian di SMP Negeri 8 Kota Sorong. Dari hasil penelitian ini yang di dapatkan penulisan pada tempat penelitian yaitu di SMP Negeri 8 Kota Sorong adalah guru PAK dan orang tua berperan penting dalam memberikan pemahaman Literasi Digital agar anak tidak salah mengguanakan gadget.

Downloads

Published

18-12-2025

How to Cite

PERAN GURU PAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK REMAJA DI SMP NEGERI 8 KOTA SORONG. (2025). EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi, 10(2), 289-309. https://doi.org/10.56942/p124aq98

Similar Articles

31-40 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)