PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI HANDPHONE PADA PROSES BELAJAR SISWA

THE INFLUENCE OF MOBILE PHONE TECHNOLOGY USE ON STUDENT LEARNING

Authors

  • Yulita Yable Universitas Kristen Papua
  • Jean Anthoni Universitas Kristen Papua
  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/ejit.v10i1.326

Keywords:

Pengaruh, Teknologi Handphone, Belajar Siswa

Abstract

Penulisan Tugas Akhir ini membahas tentang “Pengaruh Penggunaan Teknologi Handphone Terhadap Proses Belajar Siswa Kelas VII & VIII Di SMP Negeri Kwoor Kabupaten Tambrauw”. Dampak negatifnya adalah siswa tidak menghargai pembelajaran dan kemampuan konsentrasinya terganggu, dan hasil belajarnya buruk, sedangkan dampak positifnya adalah siswa  akan mudah mengakses informasi terkait mata pelajaran tersebut karena individu guru mata pelajaran tersebut mengajar, dan tentunya hal ini dapat meningkatkan prestasi mereka di sekolah.

           Dalam penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti: wawancara, observasional dan penelitian dokumenter. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi ialah seluruh siswa yang ada di SMP Negeri Kwoor Kabupaten Tambrauw yang berjumlah 70 siswa dan 12 guru dan sampel berjumlah 15 siswa dan 10 guru serta kepala sekolah. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan alat komunikasi telepon seluler oleh pelajar perlu mendapat perhatian  lebih dari semua pihak.

Downloads

Published

10-07-2025

How to Cite

Yable, Y., Anthoni, J., & Watak, S. R. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI HANDPHONE PADA PROSES BELAJAR SISWA: THE INFLUENCE OF MOBILE PHONE TECHNOLOGY USE ON STUDENT LEARNING. EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi, 10(1), 1`79–196. https://doi.org/10.56942/ejit.v10i1.326

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>