PERAN GURU BAGI PEMBENTUKAN KARATER IMAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.181Abstract
Kepatuhan merupakan suatu bentuk perilaku positif yang diterapkan oleh seseorang dalam menjalani kehidupannya. Sebagai seorang siswa harus menpunyai sikap perilaku disiplin atau taat pada suatu peraturan yang dibuat oleh lembaga pendidikan atau sekolah tempat siswa tersebut menuntun ilmu, akan tetapi penulis menemukan terdapat siswa-siswi yang memiliki perilaku yang tidak disiplin, tidak taat kepada peraturan yang dibuat oleh guru di SD Inpres 74 Malawei. Dimana siswa-siswi tidak patuh dalam membawa Alkitab pada saat jam pelajaran Agama Kristen yang merupakan permasalahan yang harus segera diatasi oleh guru. Karena akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter iman anak atau siswa-siswi SD Inpres 74 Malawei. Maka dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Kualitatif. Metode Kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan atau lisan orang-orang dan perilaku yang diamati. Penulis melakukan penelitian selama satu bulan pada lingkungan sekolah SD Inpres 74 Malawei. Dalam penelitian ini populasi yang diambil penulis berjumlah 30 orang. Dari populasi ini penulis menetapkan sempel yang berjumlah 10 orang. Dan hasil penelitian yang penulis temukan adalah peran guru dalam proses pembemtukan karakter iman anak di SD Inpres 74 Malawei sudah dilakukan dengan baik. Akan tetapi diperlukan kerjasama dari orang tua dalam mendidik anak dari rumah dengan menanamkan nilai – nilai kerohanian kepada anak atau siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Venni Annace Ulim, Skivo Reiner Watak, Yulian Anouw
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.