PERANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.184Abstract
Tugas orang tua dan orang tua dalam Memperluas Inspirasi Pembelajaran Siswa. Dalam observasi awal, penulis menemukan bahwa orang tua tidak hanya mempercayakan sepenuhnya tanggung jawab mendidik anaknya kepada guru di sekola, namun peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anaknya dan mengecek hasil belajar anak setiap hari dan secara aktif membangun komunikasi yang baik dengan wali kelas untuk memeriksa perkembangan kemajuan belajar anak di sekolah. Dengan menggunakan penelitian kualitatif, metode ini dilakukan langsung oleh penulis dengan turun lapangan untuk mengumpulkan data tentang objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 102 orang. Sedangkan untuk sampelnya berjumlah 22 orang termasuk dalam hasil observasi penulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah peranan orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangat diperlukan karena peran orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sangatlah diperlukan disini karena peran orang tua adalah dua individu yang lebih dewasa daripada pelajar, dituntut agar bisa meninjau, konsultatif serta antusias, dalam mendidik dan menyediakan fasilitas-fasilitas yang diperlukan didalam belajar, maka akan membangkitkan semangat ingin belajar dan terus-menerus belajar melalui terwujudnya impian dan cita-citanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang belum lancar belajar membaca adalah kurangnya perhatian, pemberian kebebasan bermain dan yang terakhir adalah anak tidak mempunyai waktu untuk belajar di rumah..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ojsukipacid ojsukipacid; Yulce Delfin Urbasa, Skivo Reiner Watak, Korneles Viktor Ohoiwutun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.