PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN REMAJA

Authors

  • Arianti Kambuaya Universitas Kristen Papua
  • Sermia Liling Universitas Kristen Papua
  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.178

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja yang dilakukan oleh Siswa, mengetahui faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja pada Siswa dan mengetahui peran guru pendidikan agama Kristen dalam menangani masalah kenakalan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk untuk mendiskripsikan dan menganalsis tentang fenomena, peristiwa, kepercayaan, sikap, dan aktivitas sosial secara individual maupun kelompok. Teknik analisis data yang dipakai yaitu (data collection) yakni, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusions: drawing/verifying (penarikan kesimpulan/ verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kenakalan siswa terbagi menjadi tiga, kenakalan biasa, kenakalan sedang dan kenakalan berat. Faktor utama kenakalan remaja adalah faktor lingkungan dan kondisi keluarga.  Faktor lingkungan merupakan yang paling umum, dimana pada semua tingkat kenakalan baik pada kenakalan biasa/ ringan, kenakalan sedang dan kenakalan berat merupakan akibat dari pergaulan dan dorongan lingkungan sekitar. Sedangkan Faktor kondisi keluarga lebih banyak menyebabkan perilaku nakal pada tingkat kenakalan sedang dan berat.  Peran guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam upaya mengangani kenakalan remaja belum menunjukan hasil yang memuaskan. Namun guru PAK telah berusaha menunjukan peran pentingnya sebagai motivator, pendidik, penasehat, dan model bagi siswa.

Downloads

Published

24-04-2024

How to Cite

Kambuaya, A. ., Liling, S., & Watak, S. R. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANGANI MASALAH KENAKALAN REMAJA . NERIA, 2(1), 001–023. https://doi.org/10.56942/jurnalneria.v2i1.178

Most read articles by the same author(s)