BERSAKSI SEBAGAI GAYA HIDUP UNTUK PERTUMBUHAN IMAN DI FAKULTAS TEOLOGI UNIVERSITAS KRISTEN PAPUA

Authors

  • Yan Jemi Renhoar Universitas Kristen Papua
  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua
  • Korneles Viktor Ohoiwutun Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/0nrhd506

Keywords:

Bersaksi, Gaya Hidup, Pertumbuhan Iman, Mahasiswa Teologi, Universitas Kristen Papua, Spiritualitas Kristen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana mahasiswa Fakultas Teologi Universitas Kristen Papua menghidupi nilai bersaksi sebagai gaya hidup yang berpengaruh terhadap pertumbuhan iman dan pembentukan karakter rohani. Bersaksi tidak hanya dipahami sebagai penyampaian Injil secara verbal, melainkan sebagai wujud iman yang nyata melalui perilaku, tanggung jawab, dan keteladanan hidup yang mencerminkan karakter Kristus. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara terhadap empat puluh mahasiswa dan lima dosen, penelitian ini menemukan bahwa gaya hidup bersaksi menjadi bagian penting dari identitas mahasiswa teologi yang hidup di bawah tuntunan Roh Kudus. Kesaksian yang konsisten menumbuhkan iman, memperkuat kedewasaan rohani, serta menumbuhkan keberanian dalam menghadapi tantangan zaman modern. Faktor pendukung utama mencakup kurikulum teologi kontekstual, pembinaan rohani di kampus, dan keteladanan dosen, sedangkan hambatan seperti rasa malu, penolakan sosial, serta kesibukan akademik justru menjadi sarana pendewasaan iman. Dengan demikian, gaya hidup bersaksi terbukti menjadi fondasi spiritual yang membentuk mahasiswa teologi menjadi saksi Kristus yang berintegritas dan berdampak bagi gereja serta masyarakat.

Downloads

Published

18-12-2025

How to Cite

BERSAKSI SEBAGAI GAYA HIDUP UNTUK PERTUMBUHAN IMAN DI FAKULTAS TEOLOGI UNIVERSITAS KRISTEN PAPUA. (2025). EIRENE : Jurnal Ilmiah Teologi, 10(2), 353-373. https://doi.org/10.56942/0nrhd506

Similar Articles

41-50 of 99

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)