MEMPERKUAT LITERASI DI KOTA SORONG: PERAN MAHASISWA DAN KOMUNITAS DALAM MENCERDASKAN GENERASI

Authors

  • Skivo Reiner Watak Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.56942/js.v3i1.279

Keywords:

pendidikan, literasi, generasi

Abstract

Penguatan literasi merupakan salah satu tantangan utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Sorong. Kurangnya akses terhadap bahan bacaan, rendahnya minat baca, serta terbatasnya fasilitas pendukung menjadi faktor yang memengaruhi perkembangan literasi di daerah ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi melalui peran aktif mahasiswa sebagai relawan di rumah baca dan komunitas literasi. Metode yang digunakan mencakup observasi awal, pendampingan mahasiswa, penyediaan sarana literasi, kegiatan edukatif, pemanfaatan teknologi digital, serta evaluasi dan monitoring. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat baca di kalangan anak-anak dan remaja, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi. Selain itu, mahasiswa yang terlibat mendapatkan pengalaman langsung dalam mengelola program literasi dan mengembangkan keterampilan mengajar. Sinergi antara pemerintah, akademisi, komunitas, serta keluarga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan program ini. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, diharapkan Kota Sorong dapat menciptakan masyarakat yang lebih literat dan siap menghadapi tantangan global.

Downloads

Published

12-03-2025

How to Cite

Watak, S. R. (2025). MEMPERKUAT LITERASI DI KOTA SORONG: PERAN MAHASISWA DAN KOMUNITAS DALAM MENCERDASKAN GENERASI. SOLIDEO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.56942/js.v3i1.279

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)